Zat Penyebab Kanker Ditemukan pada Produk Mandi Bayi

>> Senin, 16 Maret 2009

Waspadalah! Lebih dari separuh produk mandi bayi dan anak buatan AS yang diuji lembaga nirlaba Campaign for Safe Cosmetics (CSC) diketahui mengandung zat beracun yang bisa menyebabkan kanker!
Produk-produk tersebut mengandung 1,4-dioxane dan formaldehyde. Kedua zat kimia itu oleh lembaga Environmental Protection Agency dianggap sebagai zat yang berpotensial menyebabkan penyakit kanker.

Sejumlah nama yang cukup dikenal di pasaran adalah produk Johnson & Johnson Baby Shampoo dan Baby Magic Lotion.

Sebenarnya zat-zat toksin tersebut tidak sengaja ditambahkan ke dalam produk. Sebab itu terjadi saat proses produksi.
Organisasi CSC melakukan pengujian terhadap 48 produk mandi seperti shampo dan bubble bath (busa mandi). Dari jumlah itu, 32 di antaranya mengandung zat 1,4-dioxane dan 23 produk mengandung formaldehyde. Sebanyak 17 produk dinyatakan positif mengandung kedua bahan kimia tersebut.

"Tujuan kami bukan untuk menaku-nakuti orangtua, tapi untuk memberitahu orangtua bahwa produk-produk yang mengklaim lembut dan murni ternyata terkontaminasi karsinogen (zat penyebab kanker)," kata Stacy Malkan, juru bicara CSC seperti dilansir harian terkemuka AS, Washington Post, Jumat (13/3/2009).

Di AS belum ada ketentuan batas aman untuk bahan-bahan kimia tersebut dalam shampo, lotion dan produk mandi lainnya. Menurut badan Food and Drug Administration (FDA), bahan kimia yang ditemukan dalam produk tersebut tidak membahayakan.

Namun Uni Eropa telah melarang 1,4-dioxane dalam produk perawatan sehari-hari.

Menurut CSA, otoritas AS selama ini tidak mempertimbangkan dampak kumulatif dari pemakaian bahan-bahan kimia dalam produk tersebut. Dikhawatirkan hal itu nantinya akan menimbulkan penyakit di masa mendatang.
"Level yang kami temukan relatif rendah dan industri kerap menyatakan cuma ada sedikit karsinogen dalam produk kami," tutur Malkan.

"Masalahnya, kami menemukan karsinogen dalam banyak produk. Kebanyakan produk ini digunakan setiap hari, jadi ada eksposure yang berulang dan kerap pada bahan-bahan kimia level rendah ini. Itu bukan produk yang paling aman dan murni, dan orangtua berhak tahu itu," tegasnya.

Terhadap temuan ini, pihak Johnson & Johnson menyampaikan pernyataannya. "FDA dan badan pemerintah lainnya di seluruh dunia menganggap level tersebut aman, dan semua produk kami memenuhi atau melampaui persyaratan regulator di setiap negara yang menjualnya," demikian pernyataan Johnson & Johnson. Johnson & Johnson juga menyesalkan CSC karena telah keliru mengkategorikan keamanan produknya.

Tips Memilih Produk yang Aman

Banyak produk mandi bayi yang mengklaim "lembut" dan "natural". Namun hasil pengujian yang dilakukan lembaga nirlaba AS, Campaign for Safe Cosmetics (CSC) membuktikan sebaliknya. Sejumlah produk ternyata mengandung zat-zat kimia penyebab kanker!

Produk tersebut termasuk produk terkenal Johnson’s Baby Shampoo buatan Johnson and Johnson. Ada pula Sesame Street Bubble Bath, Grins & Giggles Milk & Honey Baby Wash dan Huggies Naturally Refreshing Cucumber dan Green Tea Baby Wash.

Produk-produk tersebut diketahui mengandung zat kimia 1,4-dioxane dan formaldehyde, yang berpotensial menyebabkan kanker. Untuk lengkapnya, nama-nama produk mandi dan lotion buatan AS yang diketahui mengandung kedua zat beracun tersebut bisa dilihat di sini: http://safecosmetics.live.radicaldesigns.org/article.php?id=426

Lantas bagaimana cara memilih produk yang aman bagi keluarga kita terutama bagi bayi? "Yang terutama bisa dilakukan orangtua adalah menggunakan lebih sedikit produk perawatan tubuh pada anak-anak mereka atau mencari produk yang memiliki sedikit bahan-bahan pembuatan (ingredients)," kata Sonya Lunder MPH dari CSC seperti dilansir situs kesehatan WebMD.

CSC juga menganjurkan orangtua untuk memilih produk tanpa pewangi atau zat pewarna sintetis. Sebab-sebab produk-produk seperti itu umumnya mengandung zat kimia formaldehyde atau 1,4-dioxane. Sumber : www.suaramedia.com

0 comments:

About This Blog

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP